Kalah adu penalti, Timnas U-19 gagal ke final Piala AFF

Pupuslah asa timnas U-19 Indonesia untuk meraih gelar Piala AFF U-19 2018. Langkah pasukan muda Indonesia tersebut dihentikan oleh Malaysia dalam partai semifinal di Stadion Deltras Sidoarjo, Kamis (12/7/2018).

Pasukan besutan Indra Sjafri kalah 3-4 lewat adu penalti. Kedua tim harus melewati drama tersebut setelah bermain imbang 1-1 selama 90 menit waktu normal.

Di final, Malaysia akan bertemu Myanmar, yang menang 1-0 atas Thailand selaku juara bertahan. Sementara itu, Indonesia harus puas melakoni laga perebutan tempat ketiga melawan Thailand, yang menang 2-1 pada laga terakhir penyisihan grup.

Indonesia mengawali laga dengan bagus karena sudah unggul 1-0 saat pertandingan baru berusia dua menit. Wasit memberikan hukuman penalti karena Saddil Ramdani dilanggar di dalam kotak terlarang. Egy Maulana Vikri sukses menjadi algojo.

Namun, keunggulan Indonesia tidak bertahan lama. Hanya berselang 12 menit, Malaysia membalas melalui sundulan Syaiful Alias memanfaatkan skema sepak pojok. Skor tersebut bertahan hingga turun minum.

Pada paruh kedua, Indonesia tetap memegang kendali permainan. Sayang, rapatnya barisan pertahanan Malaysia ditambah penyelesaian akhir yang kurang bagus membuat ambisi untuk meraih kemenangan dalam waktu normal gagal terwujud.

Berdasarkan regulasi turnamen tersebut, tak ada babak tambahan waktu. Dengan demikian, pemenang laga langsung ditentukan lewat adu penalti jika skor selama 90 menit waktu normal tetap imbang.

Dalam drama tersebut, tiga penendang Indonesia gagal. Witan Sulaeman, Firza Andika dan Hanis Saghara tak mampu mengemban tugas sebagai algojo.

Sementara itu, hanya satu penendang Malaysia yang gagal mengeksekusi. Tembakan Zafuan Azeman bisa ditahan kiper Indonesia, M Riyandi. Ini membuat Malaysia lolos dengan skor 4-3.

Comments