Nadal mengaku dibantu hujan yang menunda pertandingan

Rafael Nadal melangkah ke semifinal French Open 2018 setelah menang 4-6, 6-3, 6-2, 6-2 atas petenis Argentina, Diego Schwartzman, dalam laga perempat final di Paris, Prancis, Kamis (7/6/2018). Unggulan utama ini mengaku tertolong oleh hujan sehari sebelumnya yang membuat laga ditunda.

Seharusnya, pertandingan perempat final ini berlangsung Rabu (6/6). Namun hujan membuat duel tidak bisa diselesaikan. Ketika dihentikan, Nadal dalam posisi kalah 4-6 pada set pertama dan unggul 5-3 pada set kedua.

“Laga yang dihentikan kemarin membantu, karena dalam pertandingan itu saya sedang mengalami momen yang sulit,” ujar Nadal seperti dikutip dari situs resmi Roland Garros.

“Dia bermain bagus dan saya terlalu bertahan. Saya merasa tampil agak tertekan dibandingkan biasanya dan dia bisa mengambil kendali.”

“Saya bermain lebih agresif. Saya meneruskan level intensitas yang saya tampilkan setelah dihentikan pertama. Dan, menurut saya, pertandingan berubah.”

Memang, sebelum ada keputusan penundaan tersebut, laga kemarin juga sempat terhenti beberapa saat akibat hujan. Itu terjadi pada awal set kedua, sebelum Nadal bisa bangkit dan akhirnya dihentikan ketika dia unggul 5-3.

“Tentu saja, hujan membantu menghentikan pertandingan dan membantu saya berpikir tentang pertandingan dan itu nyata. Namun dalam hal permainan, yang berubah adalah bagaimana saya bermain dan mengontrol pertandingan,” tambah Nadal.

“Hari ini saya bergerak maju dan melakukan backhand lebih bagus. Kemarin saya tidak bisa melakukan hal tersebut. Ketika saya bisa mengubah itu, saya bisa memenangkan gim dan pertandingan.”

Di semifinal, Nadal akan bertemu Juan Martin del Potro. Ini menjadi semifinal pertama petenis Argentina tersebut sejak 2009 di mana pada tahun yang sama dia meraih gelar grand slam US Open.

Sedangkan bagi Nadal, ini menjadi semifinal ke-11. Si kidal dengan julukan raja tanah liat ini pun berada di ambang gelar ke-11 French Open.

Comments