Ke final di Stuttgart, Federer kembali jadi nomor 1 dunia

Roger Federer kembali meraih predikat pemain nomor satu dunia, menggeser rivalnya asal Spanyol, Rafael Nadal. Federer memastikan hal tersebut setelah meraih tiket final turnamen Mercedes Cup di Stuttgart.

Dalam laga semifinal, Sabtu (16/6/2018), Federer menang rubber set 6-7 (2-7), 6-1, 7-6 (7-5) atas Nick Kyrgios. Dia akan melawan Milos Raonic pada partai puncak, Minggu (17/6). Raonic lolos setelah menang straight set 6-4, 7-6 (7-3) atas Lucas Poulle.

Sebelum ini, Federer hanya terpaut 100 poin dari Nadal dalam daftar ranking ATP. Petenis 36 tahun asal Swiss ini harus memenuhi syarat mencapai final Stuttgart Open untuk mengambil kembali predikat pemain nomor satu dunia yang diambil Nadal pada awal 2018.

Ternyata Federer bisa melakukannya. Ini juga menjadi modal penting Federer sebelum tampil dalam grand slam lapangan rumput, Wimbledon, yang mulai bergulir 2 Juli.

Federer memutuskan absen dalam semua rangkain pertandingan di lapangan tanah liat untuk fokus menghadapi Wimbledon. Stuttgart Open termasuk bagian dari pemanasan peraih 20 gelar grand slam ini untuk menghadapi Wimbledon.

Sementara itu Nadal, yang baru saja meraih gelar ke-11 Frenc Open alias Roland Garros, justru memilih absen dalam turnamen pemanasan Wimbledon. Petenis kidal yang mendapat julukan King of Clay ini ingin istirahat sejenak setelah melakoni musim yang melelahkan di arena lapangan tanah liat.

Comments