Honda dan Pedrosa akhiri kerja sama

Kebersamaan Dani Pedrosa dan tim Repsol Honda dipastikan habis pada akhir musim 2018. Pasalnya, tim pabrikan asal Jepang tersebut tidak memperbarui kontrak Pedrosa yang habis pada musim ini.

Melalui pernyataan pada situs tim, Selasa (5/6/2018), Honda mengumumkan hal tersebut. Mereka mengatakan bahwa kerja sama yang sudah berlangsung selama 18 tahun akan habis selepas musim 2018.

“Setelah 18 tahun bersama di tiga kelas dalam kejuaraan MotoGP, HRC dan Dani Pedrosa mengumumkan hari ini bahwa kemitraan mereka yang sudah berlangsung lama akan habis pada akhir musim, dengan kesepakatan bersama,” demikian pernyataan Honda.

Pedrosa mengawali kariernya di kelas MotoGP bersama Repsol Honda pada musim 2006. Dalam 205 penampilannya di kelas paling bergengsi tersebut, pebalap berusia 32 tahun ini mengoleksi 112 podium dan meraih 31 kemenangan.

 

Namun, Pedrosa tidak pernah menjadi juara dunia. Prestasi terbaik Pedrosa bersama Repsol Honda adalah posisi runner-up pada musim 2007, 2009 dan 2012.

Meskipun demikian, kontribusi Pedrosa tak bisa dipandang sebelah mata. Selama membela tim Jepang tersebut, Pedrosa memberikan informasi yang sangat berguna untuk pengembangan mesin sehingga tim tersebut terus berkembang dan kini memiliki teknologi terbaik.

Kabar ini pun sekaligus memberikan konfirmasi Marc Marquez akan mendapatkan tandem baru pada musim depan. Sang juara dunia sudah memperbarui kontrak.

Comments