Tak cuma jadi pahlawan, Umtiti juga torehkan sejarah

Samuel Umtiti

Timnas Prancis meraih tiket final Piala Dunia 2018. Samuel Umtiti menjadi bintang kemenangan Les Bleus, julukan timnas Prancis, karena mencetak gol tunggal ketika melawan Belgia dalam laga semifinal di Saint Petersburg Stadium, Selasa (10/7/2018) atau Rabu dini hari WIB.

Gol sundulan bek Barcelona tersebut pada menit ke-51 ketika menyambut umpan tendangan sudut Antoine Griezmann tak hanya membuat dia terpilih menjadi Man of The Match dalam laga ini. Umtiti pun menorehkan tinta emas dalam sejarah sepak bola Prancis.

Dikutip dari Squawka, Umtiti menjadi pemain termuda Prancis yang mampu menciptakan gol pada babak semifinal Piala Dunia. Dalam laga tersebut, Umtiti menapaki usia 24 tahun 7 bulan dan 26 hari.

 

Dia mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang Just Fontaine ketika mencetak gol pada semifinal Piala Dunia edisi 1958. Ketika itu, Fontaine berumur 24 tahun, 10 bulan dan enam hari.

Hal lain yang menjadi pembeda dari peran dua sosok ini adalah efek dari gol yang dihasilkan. Umtiti membobol gawang lawan sekaligus mengantarkan Prancis maju ke partai puncak, sedangkan gol Fontaine tak mampu membawa Les Blues lolos karena mereka akhirnya kalah 2-5 dari Brasil.

Di final, Prancis akan bertemu pemenang antara Kroasia dan Inggris. Duel dua negara yang disebutkan terakhir ini akan tersaji pada Rabu (11/7) atau Kamis dini hari WIB.

Comments