Presiden La Liga Santai Tanggapi Kepergian Ronaldo

Cristiano Ronaldo sudah membuat keputusan meninggalkan Real Madrid yang sudah dibela selama sembilan musim. Mantan winger Manchester United tersebut memilih raksasa Liga Italia, Juventus, sebagai pelabuhan baru dalam kariernya.

Juventus memberikan konfirmasi transfer ini pada Selasa (10/7/2018). Klub berjulukan Si Nyonya Besar tersebut mengatakan bahwa mereka sudah merampungkan transfer senilai 105 juta euro (sekitar Rp 1,68 triliun) dan sang pemain diikat dengan kontrak berdurasi empat tahun di mana biaya transfer pemain 33 tahun ini dibayar dalam kurun waktu dua tahun.

Kepergian sang megabintang tentu saja memberikan dampak bagi pamor Liga Spanyol yang selama ini terkenal karena diisi para pemain bintang. Namun presiden La Liga, Javier Tebas, mengaku santai menghadapi kenyataan tersebut karena menurutnya, Liga Spanyol dan Real Madrid lebih besar dari Ronaldo.

“Kerja keras kami selama bebeberapa tahun terakhir membuat perpindahan ini tidak memberikan dampak yang sangat besar. Beberapa tahun yang lalu, kekhawatiran saya mencapai level sembilan dari 10 tetapi saat ini hanya mencapai level empat dari 10, tidak sama seperti dulu,” ujar Tebas dalam wawancara dengan Marca.

“Kami tidak tergantung kepada individu atau bursa transfer seperti yang dilakukan dulu. La Liga lebih besar dibandingkan para pemain secara individu, sedangkan Madrid lebih besar dibandingkan nama Cristiano Ronaldo.”

Apa yang disampaikan Tebas ini sangat bertolak belakang jika dibandingkan dengan yang pernah dia katakan dulu. Ketika ada rumor Ronaldo ingin meninggalkan Spanyol, Tebas sangat khawatir karena kepergian pemain internasional Spanyol itu bisa mengganggu popularitas Liga Spanyol.

Comments