Kalahkan Kamboja 4-0, Indonesia ke semifinal dengan hasil sempurna

Timnas U-16 Indonesia meraih hasil sempurna pada penyisihan Grup A Piala AFF U-16. Dalam laga pamungkas di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Senin (6/8/2018), tim besutan Fakhri Husaini menang 4-0 atas Kamboja.

Bagus Kahfi menjadi bintang lapangan karena dia mencetak hat-trick alias tiga gol pada menit ke-21, 33 dan 43. Sementara itu satu gol lainnya dihasilkan Rendy Juliansyah pada menit ke-11.

Tambahan tiga gol tersebut sekaligus menempatkan Bagus Kahfi semakin kokoh di puncak daftar pencetak gol terbanyak Piala AFF U-16 2018. Sejauh ini dia sudah mengoleksi 11 gol.

Sejak peluit kick-off berbunyi, Indonesia sudah memperlihatkan dominasinya. Mereka terus mengurung pertahanan Kamboja dan sudah unggul lewat Rendy pada menit ke-11, memanfaatkan bola muntah.

Setelah itu, giliran Bagus Kahfi yang beraksi. Dia menggandakan keunggulan Indonesia pada menit ke-21 sebelum membawa pasukan Merah-putih memimpin 3-0 pada menit ke-33. Skor ini bertahan hingga turun minum.

Saat babak kedua baru berlangsung tiga menit, Indonesia memperoleh penalti akibat pelanggaran kiper terhadap Bagus Kahfi di dalam kotak terlarang. Bagus Kahfi yang maju menjadi algojo menjalanakan tugasnya dengan baik untuk mengubah skor menjadi 4-0 yang bertahan hingga laga usai.

Hasil ini membuat Indonesia lolos ke semifinal dengan status juara grup dan meraih hasil sempurna. Mereka menang lima kali sehingga mengoleksi 15 poin, unggul lima angka atas Myanmar yang menemani Indonesia ke semifinal karena menjadi runner-up.

Pada semifinal, Indonesia akan berhadapan dengan Laos atau Malaysia yang akan memperebutkan status runner-up Grup B dalam duel di Stadion Joko Samudro, Gresik, Selasa (7/8/2018). Sementara itu Myanmar akan bertemu Thailand selaku juara Grup B.

Susunan pemain Indonesia versus Kamboja:

Indonesia: Ahludz Dzikri Fikri; M. Yudha Febrian, Amariar Abdilah, Rendy Juliansyah, M. Reza Fauzan, M. Salman Alfarid, Hamsa Lestaluhu, M. Talaoho, Bagus Kahfi Alfikri, M. Fajar Fathur Rachman, Kartika Vedhayanto Putra

Pelatih: Fakhri Husaeni

Kamboja: Kong Pheaktra, Leap Pheng, Pichponlogu, Lin Daradevid, Met Samel, Ky Rina, Bunnarong, Ath Ontoch, Wut Tola, Chon Chamroeun, Oem Vinrun

Pelatih: Lee Tae-hoon

Comments