Tontowi/Liliyana tidak puas meski menang 2 gim

Ganda campuran terbaik Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, mengaku tidak puas dengan penampilan pada babak kedua Indonesia Open 2018. Padahal, mereka meraih kemenangan straight game.

Dalam duel di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (5/7/2018), Tontowi/Liliyana menang 23-21, 21-19 atas wakil Jepang, Yugo Kobayashi/Misaki Matsutomo. Namun pada gim pertama, saat kedudukan 20-16, lawan bisa mengejar sehingga memaksa adu setting.

“Saya belum puas dengan penampilan hari ini, kemampuan kami nggak keluar semua, kami banyak melakukan kesalahan sendiri, gampang memberi poin ke lawan. Kalau dari awal kami main benar, kami bisa menang lebih cepat. Ini jadi pelajaran, besok jangan sampi terulang,” ujar Liliyana seperti dikutip dari Badmintonindonesia.org.

“Sebetulnya saya merasa mainnya sudah enak pada gim pertama, tetapi di tengah pertandingan, fokus menurun. Jadi banyak mati sendiri dan lawan banyak dapat poin,” tambah Tontowi.

Selanjutnya, unggulan utama ini bertemu Zhang Nan/Li Yinhui (China) atau Lee Chun Hei Reginald/Chau Hoi Wah (Hong Kong).

“Kalau ketemu Zhang/Li, sebelumnya sudah pernah bertemu. Walaupun head to head kami unggul, tetapi kami tidak mau lihat ini. Sebagai wakil tuan rumah, kami pasti mau yang terbaik tapi jangan sampai jadi bumerang. Kalau lihiat teman menang, jadi ingin menang juga dan fokusnya over, ini yang harus dijaga,” ujar Liliyana

Indonesia meloloskan tiga wakil ganda campuran ke babak perempat final. Sebelumnya, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja dan Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto, juga menang. Bahkan mereka harus saling mengalahkan sehingga satu tiket semifinal sudah di genggaman Indonesia.

“Kami senang Hafiz/Gloria dan Ricky/Debby ke perempat final, lawan-lawan yang mereka hadapi juga tidak mudah, lawan mereka bagus. Untuk Hafiz/Gloria khususnya yang masih muda, perjalanan mereka masih panjang, jangan cepat puas. Penampilan harus stabil, jangan lagi in, besok hilang lagi. Mudah-mudahan bisa menambah percaya diri, mereka sudah ada di level ini, sekarang sudah tahu di mana level mereka,” ujar Liliyana.

Comments