Tommy akui Chong Wei masih jadi kiblat tunggal putra

Tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto, belum berhasil meruntuhkan dominasi Lee Chong Wei atas dirinya. Dia kembali gagal menaklukkan tunggal putra terbaik Malaysia itu dalam laga semifinal Malaysia Open 2018 di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (30/6/2018).

Dalam duel berdurasi 52 menit, Tommy kalah dua gim langsung 18-21, 15-21. Ini menjadi kekalahan ke-17 Tommy dari seluruh pertemuannya dengan mantan pemain nomor satu dunia tersebut.

Alhasil, Tommy harus melupakan impian meraih gelar turnamen tersebut. Sedangkan bagi Chong Wei, hasil ini semakin mendekatkan dirinya dengan gelar ke-12 Malaysia Open di mana pada partai final, Minggu (1/7), dia akan menghadapi pemain Jepang, Kento Momota.

“Semua pemain yang melawan Chong Wei pasti merasakan hal yang sama dengan saya. Walaupun dia tidak muda lagi, tetepi speed dan powernya masih bagus, dia juga percaya diri, bahkan mengimbangi pemain muda. Regenerasi memang menurun dengan masih adanya Lin Dan dan Lee Chong Wei. Hingga saat ini Chong Wei masih menjadi salah satu kiblat tunggal putra,” ujar Tommy kepada Badmintonindonesia.org.

“Pada gim pertama, saya bisa menemukan ritme permainan. Tetapi Chong Wei tak mau buang poin dengan mudah. Waktu bisa menyusul, dia jadi lebih percaya diri dan susah ditembus.”

“Perjalanan saya masih panjang, masih banyak turnamen yang harus saya ikuti. Apalagi pada bulan Juli ini penuh turnamen. Buat saya, ini malah jadi ajang latihan, karena sebagai pemain profesional kan susah untuk dapat sparring.”

Memang, Tommy tak lagi berada di bawah payung Pelatnas Cipayung karena dia memilih jalur independen. Kini, Tommy segera kembali ke Jakarta untuk mempersiapkan diri menghadapi Indonesia Open 2018 yang bakal digelar pekan depan di Istora Senayan.

Selain Tommy, satu wakil Indonesia pada sektor ganda putri, Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta, juga gagal melanjutkan kiprahnya. Unggulan kedelapan itu kalah 9-21, 9-21 dari unggulan kelima asal Jepang, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi.

Dengan demikian, tak ada wakil dari Tanah Air yang tampil pada partai puncak. Pasalnya, hanya Tommy dan Della/Rizki yang sukses menembus babak empat besar.

Comments