Kalahkan juara All England, Tommy melangkah ke semifinal

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto, meraih tiket ke semifinal turnamen Malaysia Open 2018. Dalam laga perempat final di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (29/6/2018), Tommy menyingkirkan juara All England, Shi Yuqi.

Pemain senior Tanah Air ini harus berjuang ekstra keras selama 53 menit. Akhirnya, mantan pemain Pelatnas Cipayung ini menang 13-21, 21-13, 21-13 atas unggulan ketiga dari China tersebut.

Selanjutnya, Tommy akan menghadapi tembok yang lebih kokoh lagi pada semifinal, Sabtu (30/6). Dia akan melawan pemenang antara unggulan utama dari Denmark, Viktor Axelsen, dengan jagoan tuan rumah yang ditempatkan sebagai unggulan ketujuh, Lee Chong Wei.

Dengan demikian, Indonesia menjaga peluang meraih satu gelar dari negeri jiran, setelah dua wakil yang sebelumnya digadang-gadang bisa juara, tersingkir. Ganda putra nomor satu dunia dan ganda campuran terbaik Indonesia gagal melangkah ke semifinal.

Ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang merupakan unggulan utama, dikalahkan wakil Inggris yang merupakan pasangan suami-istri, Chris Adcock/Gabrielle Adcock. Dalam laga berdurasi 59 menit, Tontowi/Liliyana kalah 14-21, 23-21, 13-21.

Sementara itu ganda putra terbaik Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, dihentikan oleh wakil China, He Jiting/Tan Qiang. Sang juara bertahan kalah 17-21, 11-21.

Indonesia masih memiliki satu wakil yang belum bertanding. Ganda putri unggulan kedelapan, Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta, akan menghadapi wakil China, Huang Dongping/Li Wenmei.

Dari sektor tunggal putri, unggulan utama asal Taiwan, Tai Tzu Ying, lolos ke babak empat besar. Pemain nomor satu dunia ini menang 21-15, 21-15 atas wakil tuan rumah, Gon Jin Wei.

Selanjutnya, Tai akan menghadapi Pusarla V Sindhu atau Carolina Marin. Dua pemain tersebut sedang bertarung.

Comments