Dua ganda terbaik Indonesia gagal ke semifinal Malaysia Open

Indonesia kehilangan dua pasangan terbaik pada babak perempat final turnamen Malaysia Open 2018 yang berlangsung di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (29/6/2018). Ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, gagal ke babak semifinal.

Hasil ini tentu saja mereduksi peluang Indonesia meraih gelar turnamen tersebut. Pasalnya, dua pasangan yang menjadi unggulan utama itu sangat diandalkan untuk membawa pulang gelar dari negeri jiran tersebut.

Tontowi/Liliyana harus menerima kenyataan pahit saat melawan wakil Inggris, Chris Adcock/Gabrielle Adcock. Dalam duel berdurasi 59 menit, pasangan peraih medali emas Olimpiade Rio 2018 itu kalah rubber game 14-21, 23-21, 13-21.

Hasil tersebut sekaligus mengubah rekor pertemuan mereka menjadi 10-6 untuk keunggulan Tontowi/Liliyana. Pada babak semifinal, Sabtu (30/6), pasangan suami-istri itu akan bertemu pemenang duel sesama pemain China, Zheng Siwei/Huang Yaqion dan He Jiting/Du Yue.

Sementara itu, Marcus/Kevin tak berdaya saat melawan He Jiting/Tan Qiang. Sang juara bertahan kalah straight game 17-21, 11-21 dari pasangan non-unggulan itu, yang akan bertemu Goh V Shem/Tan Wee Kiong (Malaysia) atau Takeshi Kamura/Keigo Sonada (Jepang) pada babak semifinal.

Dengan demikian, Indonesia hanya menyisakan dua wakil yang belum bertanding. Dari sektor tunggal putra, Tommy Sugiarto akan melawan unggulan ketiga dari China, Shi Yuqi dan ganda putri, Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta, melawan Huang Dongping/Li Wenmei (China).

Comments