Kim Ha-na keluar dari timnas Korea Selatan

Ko Sung-hyun, Kim Ha-na

Pebulu tangkis Korea Selatan spesialis ganda, Kim Ha-na, memutuskan keluar dari timnas Negeri Ginseng. Meski demikian, Kim masih menjadi anggota tim Samsung Electromechanics sehingga berpeluang tampil dalam turnamen domestik.

Nama Kim tak lagi masuk daftar peringkat Federasi Bulu Tangkis Dunia, BWF, sejak Kamis (21/6/2018). Terakhir, Kim bersama pasangannya, Seo Seung-jae, menempati peringkat kelima dunia untuk nomor ganda campuran.

Dikutip dari Badzine, dokumen pensiun mantan ganda campuran nomor satu dunia (berpasangan dengan Ko Sung-hyun), sudah diterima BWF pada awal pekan ini.

Sepanjang karier, Kim memenangi enam titel superseries, 11 gelar Grand Prix Gold dan Kejuaraan Asia. Pemain kelahiran Jeju ini melakukan debut internasional pada usia 19 tahun dalam turnamen Yeosu International Challenge. Dia turun pada nomor tunggal ketika menang atas Ayaka Takahashi (Jepang).

 

Bid Farewell to Kim Ha Na @kim.h.n_1227! Kim Ha Na is reported to have retired from International badminton as her ranking with Seo Seung Jae (no 5 in thr world) disappeared from the world rankings this week. It was reported by badzine that her retirement documentation was submitted to the BWF earlier in the week. Indonesian: Ayoooo yang mau sampaikan salam perpisahan ke Kim Ha Na monggo! Dari sumber badzine, Doi sudah resmi berhenti bermain di turnamen bulutangkis internasional yaaaaa. Dikabarkan oleh badzine, dokumen pensiun mantan rank 1 dunia ini sudah diterima BWF pada awal pekan ini dan makanya sudah diproses dan rankingnya no.5 dunia dengan Seo Seung Jae udah hilang kemarin. Pantesan ranknya hilang kemarin…. mimin sudah curiga… ternyata bener doi pensiun dari turnamen internasional, tapi bisa jadi masih main di turnamen lokal Korea. Yok yang mau ucapin salam perpisahan ke @kim.h.n_1227 monggo mention dan tulis ucapannya di kolom komentar di bawah. Sumber: Badzine.net. #korea #korean #bye #goodbye #goodluck #farewell #quotesoftheday #jakarta #athlete #lebaran2018 #hariraya #ramadhan #celebration #family #emas #champion #winner #awesome #crazy #asian #allthebest #badminton #badmintonplayer #love #indonesia #bulutangkis #羽毛球 #バドミントン #배드민턴

A post shared by Badminton Talk (@badmintalk_com) on

Pada nomor ganda putri, Kim yang bertandem dengan Jung Kyung-eun sukses menorehkan sederet prestasi yakni juara pada Macau Open 2011 dan India Open (superseries) 2012. Pasangan ini pun lolos ke Olimpiade London 2012, tetapi menorehkan catatan kelam karena masuk daftar pasangan ganda putri yang didiskualifikasi.

Setelah itu, Kim/Jung terus berpartner dan memenangi 3 gelar Grand Prix Gold lainnya pada 2013.

Kim juga punya prestasi cemerlang pada nomor ganda campuran bersama Ko Sung-hyun karena meraih sejumlah gelar bergengsi. Pasangan ini resmi bubar pada awal 2017 ketika Ko memutuskan mundur dari timnas bulu tangkis Korea.

Selanjutnya, Kim melanjutkan kiprahnya di nomor ganda campuran bersama Seo Seung-jae. Bersama Seo, Kim meraih tiga gelar Grand Prix Gold pada 2017.

Comments