Kidambi ungkap alasan absen pada Piala Thomas 2018

Pebulu tangkis tunggal putra nomor satu India, Kidambi Srikanth, tak masuk skuad Piala Thomas 2018. Keputusan peraih empat gelar superseries 2017 tersebut mengundang kritik.

Namun, Kidambi memiliki alasan sendiri tidak tampil dalam turnamen empat tahunan yang bergulir di Bangkok, Thailand, 20-27 Mei. Pemain 25 tahun tersebut mengaku ingin mengistirahatkan badannya setelah membawa India meraih gelar beregu Commonwealth Games dan medali perak nomor perorangan event tersebut.

“Ini adalah keputusan yang sulit untuk melewatkan Piala Thomas. Dokter saya yang ingin memberikan waktu bagi pergelangan kakiku beristirahat sehingga cepat pulih karena saya menjalani pertandingan cukup padat pada Commonwealth Games,” ujar Kidambi seperti dikutip dari Sportskeeda.

“Saya tampil sekitar 11-12 pertandingan dalam 10-11 hari dan saya tidak memiliki istirahat yang cukup selama turnamen. Tidak semua pertandingan sulit, tetapi Anda masih harus mempersiapkan hal yang sama untuk setiap laga.”

“Anda juga harus memikirkan badanmu. Anda tidak bisa terus mendorong diri Anda secara membabi buta sepanjang setahun. Itu terjadi pada saya setelah Olimpiade Rio 2016 di mana saya menepi selama tiga bulan.”

“Sebenarnya tidak ada gunanya rehat dalam waktu yang lama, jadi saya pikir saya harus memberi tubuh waktu untuk pemulihan sehingga dalam kondisi baik saat Asian Games dan Kejuaraan Dunia.”

Kejuaraan Dunia 2018 akan digelar di Nanjing, China, 30 Juli-5 Agustus. Tak lama berselang, para atlet akan terlibat dalam Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta-Palembang, 18 Agustus-2 September.

Pada Piala Thomas 2018, India langsung tersingkir pada babak penyisihan grup. Di luar dugaan, mereka kalah dari Prancis pada laga perdana, kemudian menyerah dari China pada laga terakhir sehingga gagal ke perempat final.

Comments