China jaga asa kawinkan gelar Piala Thomas-Uber 2018

China menunjukkan kualitas mereka sebagai raksasa bulu tangkis dunia. Buktinya, Negeri Tirai Bambu itu memiliki wakil pada semifinal Piala Thomas dan Piala Uber 2018 sehingga berpotensi mengawinkan gelar tersebut.

Pada laga perempat final di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Kamis (24/5/2018), tim Piala Thomas China menang 3-0 atas Taiwan. Sementara itu, tim Piala Uber China menyingkirkan Denmark dengan skor 3-1.

Selanjutnya, tim Piala Thomas China akan bertemu Indonesia untuk memperebutkan tiket ke final, Jumat (25/5). Indonesia lolos ke babak empat besar setelah menang 3-1 atas Malaysia.

Pertemuan terakhir Indonesia dan China dalam ajang Piala Thomas terjadi pada final edisi 2010. Saat itu, China menang dengan skor 3-0 untuk merengkuh gelar kedelapan. Dua tahun berselang, China kembali menjadi juara setelah di final menang 3-0 atas Korea Selatan.

Namun dalam dua edisi terakhir, dominasi China terhenti. Jepang memutus kedigdayaan sang raksasa setelah menang 3-0 dalam laga semifinal Piala Thomas 2014, sebelum mengalahkan Malaysia 3-2 dalam partai final.

Dua tahun berselang ketika China menjadi tuan rumah, Korea Selatan yang menjadi batu sandungan karena menang 3-1 pada laga perempat final. Pada edisi ini, Denmark menjadi juara setelah menang 3-2 atas Indonesia dalam laga final.

Li Xuerui

Jepang dan Denmark menguak asa untuk kembali menjadi juara pada Piala Thomas 2018 karena mereka berhasil menembus semifinal dan akan saling membunuh. Jepang lolos setelah menang 3-1 atas Prancis sedangkan Denmark menyingkirkan Korea 3-0.

Sementara itu untuk semifinal Piala Uber, China, yang menjadi juara dalam tiga edisi terakhir, akan bertemu Thailand. China lolos setelah menang 3-1 atas Denmark, sedangkan Thailand menyingkirkan Indonesia dengan skor tipis 3-2.

Partai lain, Jepang akan bertemu Korea. Jepang, yang difavoritkan lolos ke final, mengalahkan Taiwan 3-1, sedangkan Korea menang 3-1 atas Kanada.

Jepang pun berpeluang melakukan hal serupa dengan China. Negeri Matahari Terbit ini bisa mengawinkan gelar jika tim putra dan putri melangkah ke final.

Menurut jadwal yang dikutip dari Tournamentsoftware, laga semifinal Piala Uber dimulai pukul 12.00 WIB. Sementara itu, semifinal Piala Thomas akan berlangsung pukul 18.00 WIB.

Comments