Hentikan langkah Indonesia, Thailand bertemu China di semifinal

Ruselli Hartawan_PBSI

Pupuslah harapan Indonesia meraih gelar Piala Uber 2018. Langkah para srikandi Indonesia terhenti pada babak perempat final setelah dikalahkan Thailand dengan skor 2-3 dalam laga di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Kamis (24/5/2018).

Tunggal ketiga Indonesia, Ruselli Hartawan, tak berkutik ketika melawan Busanan Ongbamrungphan dalam partai kelima, yang menjadi penentu. Pemain peringkat ke-77 dunia tersebut kalah telak 9-21, 12-21 dari Busanan yang merupakan ranking 22 dunia.

Artinya, Indonesia harus menunggu dua tahun lagi dalam usahanya mengakhiri penantian panjang merengkuh kembali gelar Piala Uber. Indonesia, yang sudah tiga kali menyabet trofi turnamen beregu putri nan bergengsi ini, terakhir kali menjadi juara pada 1996.

Kegagalan pada babak perempat final ini pun mengulangi hasil dua tahun lalu di Kunshan, China. Pada Piala Uber 2016, langkah tim putri Indonesia juga terhenti pada babak delapan besar setelah kalah 0-3 dari Korea Selatan.

Sedangkan bagi Thailand, yang belum pernah menembus final Piala Uber, kemenangan ini membuat mereka selangkah lebih dekat menuju sejarah. Namun, pada semifinal, Thailand ditunggu lawan berat yang merupakan juara bertahan, China. Negeri Tirai Bambu tersebut lolos setelah menang 3-1 atas Denmark.

Thailand membuka keunggulan lewat tunggal pertama, Rathanok Intanon, yang menang dua gim 21-8, 21-7 atas Fitriani. Setelah itu, Indonesia menyamakan kedudukan melalui ganda terbaik, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, yang menang straight game 21-11, 21-16 atas Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai.

Pada partai ketiga, Indonesia berbalik unggul. Gregoria Mariska Tunjung menaklukkan Nichaon Jindapol dengan straight game 21-11, 21-16. Kemenangan ini menjadi ulangan pertemuan pada Piala Uber 2016 ketika Gregoria keluar sebagai pemenang dengan rubber game 13-21, 21-14, 22-20.

Namun pada partai keempat, ganda kedua Indonesia, Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta, gagal menyumbang poin. Mereka dikalahkan Puttita Supajirakul/Sapsiree Taerattanachai dengan straight game 20-22, 12-21.

Keberhasilan lolos ke semifinal merupakan kemajuan bagi Thailand jika dibandingkan dengan dua tahun lalu. Kala itu, langkah Thailand dihentikan oleh India yang menang 3-1 dalam perebutan tiket ke semifinal.

Comments