7 varian ban di Formula 1 musim 2018

formula 1, ferrari

Penyuplai ban untuk balap jet darat Formula 1, Pirelli sudah bersiap menyambut musim baru 2018 dengan menambah dua varian ban. Sebelumnya di musim 2017 ada lima jenis ban untuk tipe kering.

Penambahan dua varian baru adalah hypersoft dan super hard. Pihak Pirelli juga mengklaim ban yang akan digunakan musim depan jauh lebih halus ketimbang yang dipakai tahun ini.

Untuk tipe hypersoft, Pirelli memberi warna pink. Sementara super hard berwarna oranye. Dua varian baru ini dibuat setelah lalui proses voting,mengalahkan dua jenis lain yaitu extremesoft dan megasoft.

“Komponen dalam kompon ban yang kita buat sejauh ini adalah yang paling halus,” ujar Mario Isola, Manajer Pirelli dalam situs resmi mereka.

Tim peserta F1 akan menjajal ban baru tersebut setelah GP Abu Dhabi terakhir. Pengetesan ban akan tetap berlangsung di sirkuit Yas Marina.

Dalam balap Formula 1 sebelumnya ada 5 jenis ban untuk kering dan 2 jenis untuk basah yang disuplai Pirelli. Agar mudah membedakannya, tiap ban dibuat dengan warna berbeda tergantung komponnya.

Ban kering tipe hard warna jingga, tipe medium berwarna putih, soft berwarna kuning, super soft berwarna merah dan ultra soft berwarna ungu.

Sebastian Vettel jadi yang tercepat

Sebastian Vettel Ferrari

Seri terakhir Formula 1 memang sudah tidak lagi berpengaruh dengan Lewis Hamilton yang pastikan gelar sebelum musim berakhir.

Tapi tidak berarti GP Abu Dhabi yang jadi seri terakhir tak menarik. Dalam sesi latihan bebas pertama yang digelar Jumat (24/11) Sebastian Vettel menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1:39:006. Catatan tersebut lebih cepat 0:12 detik dari sang Juara Lewis Hamilton

Sementara Max Verstappen berada di urutan ke-3 dengan catatan waktu 1:39:126 detik, disusul dengan Kimi Raikkonen di posisi ke-4 dengan catatan 1:39:518 detik. Sementara dua pebalap McLaren Fernando Alonso dan Stoffel Vandoorne berada di peringkat 7 dan 8.

Pebalap yang akan pensiun Felipe Massa finih di posisi 9 disusul dengan Daniel Ricciardo di urutan ke-10.

Sesi latihan bebas pertama sempat diwarnai insiden yang melibatkan Roman Grosjean. Mobil yang dikendarai pebalap Haas itu menabrak tembok pembatas. Namun insiden tersebut tidak berdampak pada fisik Grosjean. Ia sendiri berada urutan ke-12 dengan catatan waktu 1:41:306 detik.

 

Hamilton bertekad juarai GP Abu Dhabi

Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, bertekad untuk bisa menjuarai seri balapan pamungkas Formula 1 (F1) di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pada akhir pekan ini.

Sebelumnya, Hamilton telah memastikan gelar juara dunia F1 di GP Meksiko pada 29 Oktober lalu.

Namun, dia gagal menjuarai seri tersebut, termasuk pada GP Brasil.

Pada GP Brasil, Hamilton hanya menempati peringkat keempat, sedangkan podium tertinggi ditempati oleh pebalap Ferrari, Sebastian Vettel.

Karena hal itulah, Hamilton bertekad untuk menjuarai seri terakhir F1 di GP Abu Dhabi.

“Saya ingin memperbaiki kesalahan untuk bisa mengalahkan Vettel,” kata Hamilton.

“Tujuan kami di Abu Dhabi pun cukup sederhana, yakni memberikan yang terbaik dan bisa memenangi balapan,” ucapnya.

Selain itu, Hamilton pun mendukung rekan setimnya, Valtteri Bottas, untuk bisa finis di atas Vettel.

“Saya berharap Bottas bisa menyelesaikan musim ini di tempat kedua dan bisa menyalip Vettel,” ujar Hamilton.

Bottas saat ini tertinggal 22 poin dari Vettel.

Teka-teki nilai kontrak Lewis Hamilton

lewis hamilton

Setelah memenangkan gelar F1 Lewis Hamilton makin jadi aset berharga milik Mercedes. Tak heran tawaran perpanjangan kontrak untuk peraih 4 gelar juara F1 ini makin tinggi.

Selain titel juara, perbandingan nilai kontrak antara Lewis Hamilton dengan rivalnya Sebastian Vettel menjadi bumbu jelang perpanjangan kontrak.

Vettel yang bergabung dengan Ferrari di musim 2015 lalu masih jadi pebalap dengan gaji tertinggi. Tiap tahun pebalap Jerman itu mengantongi 40juta euro atau setara dengan Rp639 miliar pertahunnya.

Sementara itu, Lewis Hamilton “hanya” mendapatkan 32juta euro atau sekitar Rp 511 miliar saja.

Secara nominal perbedaan 8 juta euro menjadi embel-embel antara dua pebalap itu. Pasalnya, secara prestasi Hamilton jauh lebih konsisten dengan 3 kali mempersembahkan gelar untuk tim Mercedes.

Dari laporan FoxSport Australia, Hamilton rencananya akan diberikan kontrak setara dengan Vettel yakni 40juta euro.

Mercedes rencananya juga akan mengikat pebalap Inggris itu selama tiga musim. Kontrak Hamilton sendiri akan berakhir tahun 2018 mendatang.

Niat untuk mempertahankan Hamilton sebelumnya tegas diutarakan Toto Wolff setelah titel juara F1 musim ini disegel.

“Dia adalah pebalap terbaik yang pernah bekerja dengan saya. Kami ingin dia tetap bertahan,” ujar Executive Director Tim Mercedes Toto Wolff.

Nilai setara dengan pebalap termahal bisa pula jadi polemik kala status sebagai pebalap terbaik saat ini justru menginginkan lebih.

Mantan pebalap F1 David Coulthard turut ambil bicara soal ini. Menurutnya Hamilton harus bertindak rasional soal kontrak dan tidak serakah.

“Dia (Hamilton) sangat percaya diri sebagai aset berharga dalam tim, tim akan membayar sesuai yang mereka mampu,” tegas Coulthard.

Coulthard juga menambahkan selayaknya bukan angka yang jadi jaminan. Tetapi kerjasama dalam tim yang harus menjadi dasar. Prestasi driver F1 pun bukan kehebatan individu semata, tapi juga rangkaian kerja keras tim.

 

 

Lelang mobil dan memorabilia Michael Schumacher

michael schumacher

Akhir pekan kemarin rumah lelang RM Sotheby’s melego mobil yang pernah dipakai Michael Schumacher di Monaco Grand Prix di tahun 2001 silam.

Dengan mesin 900hp 3.0 liter V10S mobil Ferrari tersebut jadi incaran kolektor. Tak butuh waktu lama, lelang di New York itu ditutup dengan penawar 7,5 juta dolar AS.

Mobil tersebut dikendarai Schumacher di masa jayanya. Musim 2001, Schumacher akhiri musim dengan catatan 9 Kali kemenangan. Ia meraih gelar juara F1 untuk ke-4 kalinya.

Musim 2001 juga membawa tim Ferrari keluar sebagai Juara konstruksi.

“Mobil F1 ini punya nilai sejarah terutama pada pengemudinya. Mobil ini sempurna, yang dikendarai oleh pengemudi yang sempurna dalam performa terbaiknya, ” jelas RM Sotheby’s.

Mohon dengan chasis 211 hanya digunakan 3 Kali olen Schumacher. Sebagian sari uang hasil lelang diberikan ke Michael Schumacher Keep Fighting Foundation.

Kondisi Schumacher sendiri hingga saat ini belum tunjukan tanda tanda kesadaran. Sudah 4 tahun peraih gelar F1 7kali beruntun itu terbaring.

Schumacher tak kunjung sadar setelah kecelakaan di pegunungan Alpen tahun 2013. Upaya penyembuhannya berjalan cukup lama.

Bahkan hingga saat ini kabar Schumy tak menentu. Kabar terakhir ia masih koma dan dirawat di Swiss.

Pihak keluarga tidak berencana untuk mengumumkan kondisinya. Namun beberapa orang terdekat Schumacher menyebut kondisinya masih koma dan tidak ada respon yang dominan.

“Kesehatan Michael bukanlah isu publik. Karena itu kami memilih untuk tidak memberitahu kondisinya, ” ujar manajer Schumacher Sabrine Kehm.

Berbeda jauh dengan masa jaya, Schumacher bahkan dikabarkan tidak bisa berjalan. Lama dalam ketidakpastian, keluarga tetap mengurus kesembuhan Schumacher dan berencana untuk membawanya ke Texas, Amerika Serikat.

Lauda dukung Mercedes pertahankan Hamilton

Penasihat tim Mercedes, Niki Lauda, mendukung agar timnya mempertahankan juara dunia Formula 1 (F1) 2017, Lewis Hamilton.

Hamilton telah membalap selama lima tahun bersama Mercedes sejak kedatangannya pada 2012.

Dalam kurun waktu tersebut, pebalap asal Inggris itu sukses memenangi tiga gelar juara dunia F1.

Karena itulah, Lauda berharap agar Mercedes tetap mempertahankan Hamilton.

“Berkali-kali saya katakan, bagi saya, tahun ini kejuaraan telah dimenangi oleh Hamilton, bukan mobil atau tim,” kata Niki Lauda.

“Ferrari memiliki paket sasis terbaik dan tim Red Bull membuat kemajuan, tetapi Hamilton melaju tidak seperti sebelumnya,” ucap Lauda.

“Dia tidak melakukan kesalahan dan pada akhirnya dia memenangi gelar juara dunia F1,” ujar Hamilton.

Sempat berada di bawah Vettel, pebalap Ferrari, pada paruh pertama musim F1, penampilan Hamilton membaik pada paruh kedua hingga akhirnya meraih gelar juara dunia tahun ini.

Fernando Alonso jajal tes balapan Le Mans

fernando alonso

Fernando Alonso bersiap untuk ikut serta di ajang 24 Hours of Le Mans World Endurance Championship. Pebalap Spanyol ini menyelesaikan tes pertama di Bahrain minggu dengan catatan waktu terbaik 1:43.013. Alonso mengendarai Toyota LMP1 dengan menyelesaikan 113 lap.

“Uji coba Mobil LMP1 selalu menyenangkan buat pebalap dari nomor apapun. Mobil ini sangat hebat dan konsisten saat dikendarai,” jelas Alonso.

Namun catatan waktu terbaik Alonso masih berada dibawah pebalap lain seperti Mike Conway.

Pebalap 36 tahun itu sebelumnya memang tertarik untuk mencoba balapan lain selain formula one. Januari 2018 mendatang ia bahkan sudah terdaftar dalam ajang Daytona 24 Hours dimana ia terdaftar dalam tim United Autosports.

Keikutsertaan Fernando Alonso diajang Le Mans 24 hours itu salah satunya untuk mengejar tiga gelar yakni Monaco GP, Indianapolis 500 dan Le Mans 24 Hours. Pencapaian tersebut sebelumnya pernah ditorehkan Graham Hill.

Jadwal Le Mans 24 Hours tahun depan juga tidak mengganggu jadwal F1. Balap ketahanan tersebut akan dilaksanakan pada 16-17 Juni 2018.

Meski mencoba balap lain, Fernando Alonso tetap akan konsentrasi di ajang F1 setelah Oktober lalu menandatangi kontrak dengan McLaren.

2018, Sean Gelael bergabung dengan tim Prema Racing

Sean Gelael

Pebalap muda Indonesia, Sean Gelael, dipastikan akan membalap bersama tim Prema Racing untuk Formula 2 2018. Konfirmasi kepastian ini disampaikan langsung oleh tim Prema Racing, Senin (20/11/2017).

“Saya bangga menyambut Sean di tim kami. Kami butuh pebalap seperti Sean yang memiliki fakta pengalaman balap yang mumpuni untuk penyesuaian mobil baru yang akan dipakai pada musim balap 2018,” ujar team principal Prema Racing, Rene Rosin.

Rene cukup impresif dengan hasil yang diraih Sean sebagai pebalap penguji dalam beberapa sesi latihan bebas bersama tim Formula 1 Toro Rosso. Rene juga menilai positif perjalanan karier pebalap berusia 21 tahun itu yang dimulai dari Formula Abarth dan Formula Pilota, Formula 3 dan Formula Renault 3.5 championship sebelum di GP2 Series yang kini berganti nama menjadi Formula 2. Penampilan Sean pada balapan ketahanan Asian Le Mans Series juga tak luput dari pengamatan Rene.

Dijelaskan, pada debut balap musim 2016, Tim Prema Racing memilih memakai gabungan pebalap berpengalaman dengan pebalap baru atau tookie. Tahun berikutnya, pada musim 2017, strategi tim berubah dengan memutuskan memakai dua pebalap rookie. Kebijakan ini ternyata memberi hasil positif karena menempatkan pebalapnya dan tim sebagai juara.

“Musim 2018 tidak akan mudah karena banyak perubahan dengan mobil baru dan beberapa regulasi baru di Formula 2. Namun demikian kami tetap yakin dengan pengalaman Sean, dia akan bisa memenuhi harapan kami dan berkontribusi untuk kesuksesan tim,” ujar Rene.

Rene menambahkan, persiapan untuk musim 2018 akan dimulai seusai balapan seri terakhir F2 di Abu Dhabi. Sean yang nantinya akan tandem dengan pebalap Belanda Nyck De Vries akan diperkenalkan dan menjajal mobil baru tim Prema di sirkuit Yas Marina.

Sean mengaku cukup senang bisa bergabung dengan tim Prema Racing.

“Ini merupakan impian dan kesempatan besar setiap pebalap untuk bisa bergabung dengan tim yang sudah meraih banyak kesuksesan dan memiliki sejarah yang panjang. Tentu saya berharap kami bisa bekerja sama untuk membangun tim yang solid. Tantangannya tidak mudah karena musim depan semuanya serba baru,” ujarnya.

Untuk musim balap 2018, penyelenggara sudah menetapkan kalender balap sebanyak 12 series dengan total 24 balapan. Seri pertama akan dimulai di sirkut Sakhir pada tanggal 6-8 April 2018 dan balapan terakhir dilangsungkan di sirkuit Yas Marina pada 23-25 November 2018.

Red Bull ingin pertahankan Ricciardo untuk tiga tahun lagi

Team principal Red Bull Racing, Christian Horner, mengakui pihaknya ingin mempertahankan Daniel Ricciardo untuk tiga tahun ke depan. Mereka akan membicarakan rencana tersebut bersama pebalap Australia itu setelah seri terakhir F1 2017 di Abu Dhabi, 26 November.

Tim berlambang banteng ini sudah mengamankan posisi Max Verstappen. Mereka menyodorkan kontrak baru yang membuatnya bertahan hingga akhir musim 2020.

Namun masa depan Ricciardo belum pasti. Padahal, kontraknya habis pada akhir 2018, sehingga pebalap tersebut dikaitkan dengan kemungkinan pindah ke Marcedes atau Ferrari.

Red Bull memberikan pernyataan seputar masa depan Ricciardo. Mereka ingin meyakinkan pebalap tersebut bertahan sehingga tetap berduet dengan Verstappen.

“Kami sangat ingin membuat kepastian bahwa Max sudah berkomitmen bersama kami hingga akhir 2020 yang mana sudah dilakukan. Kami ingin melakukan hal yang sama terhadap Daniel,” ujar Horner kepada Sky F1.

“Kontraknya habis pada akhir musim depan tetapi segera setelah balapan di Abu Dhabi, kami akan melakukan refleksi tentang tahun ini, membicarakan soal tahun depan dan selanjutnya.”

“Tujuan saya adalah memastikan pasangan ini yang sangat fantastis. Kami ingin terus bersama selama tiga tahun ke depan.”

Giliran anggota Pirelli yang jadi sasaran perampok pada GP Brasil

Pirelli supersoft_and_soft

Faktor kemananan di Brasil benar-benar harus menjadi perhatian panitia penyelenggara bila mereka ingin ajang Formula 1 bisa berjalan dengan nyaman dan lancar. Pasalnya, pada penyelenggaraan tahun ini, terjadi dua aksi kriminalitas yang menimpa para pelaku adu kecepatan jet darat tersebut.

Terbaru, anggota tim Pirelli menjadi sasaran perampokan. Staf pihak penyedia ban pada ajang Formula 1 tersebut mengalami nasib sial pada Minggu (12/11/2017) malam waktu setempat, ketika mobilnya menjadi target pelaku.

Beruntung, staf tersebut bisa meloloskan diri dari peristiwa yang terjadi setelah balapan seri pamungkas. Insiden ini semakin menimbulkan pertanyaan soal keamanan sirkuit untuk GP Brasil.

Felipe Massa, yang melakoni balapan terakhir di sirkuit tersebut karena sudah menyatakan pensiun pada akhir musim 2017, mengaku malu dengan peristiwa tersebut. Apalagi dia sebagai orang Brasil.

“Sayang sekali, saya pikir kita selalu mengharapkan yang terbaik untuk negara kita,” ujar Massa.

“Sangat menyedihkan mendengar kabar seperti ini karena anda orang Brasil, yang merasa menjadi bagian dari masalah tersebut. Jadi, sungguh menyedihkan, bukan hanya untuk orang-orang yang datang dan berada di sana tetapi juga bagi mereka yang mendengarnya dan orang Brasil. Ke depannya, kami bisa mengubah ini.

Sebelumnya, kejadian serupa menimpa kru Mercedes saat mereka meninggalkan sirkuit usai latihan bebas pertama, Jumat (10/11/2017) malam. Beruntung, tak ada korban dalam peristiwa perampokan menggunakan senjata itu.

Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, memberikan reaksi setelah anggota timnya nyaris menjadi korban. Juara Formula 1 2017 ini merasa sangat prihatin karena nyaris setiap tahun ada peristiwa serupa di Brasil. Dia mendesak pihak penyelenggara dan pemerintah setempat mengatasi masalah keamanan.


Back to top