Wakil Indonesia berguguran, tunggal putra-putri habis

Sony Dwi Kuncoro

Wakil Indonesia berguguran pada babak perempat final turnamen Australian Open 2018 di Quay Centre, Sydney Olympic Park, Australia, Jumat (11/5/2018). Dua tunggal putra, Tommy Sugiarto dan Sony Dwi Kuncoro, gagal melanjutkan kiprahnya.

Tommy, yang bermain di lapangan 1, tak kuasa menahan laju pemain China, Zhou Zeqi. Dalam duel berdurasi 42 menit, unggulan kelima tersebut kalah straight game 12-21, 15-21.

Ini membuat Tommy harus melupakan impian menambah gelar pada tahun 2018 setelah menjadi juara Thailand Masters. Pekan lalu dalam ajang New Zealand Open, putra dari mantan pebulu tangkis nasional Icuk Sugiarto ini pun gagal di babak perempat final ketika melawan kompatriotnya, Jonatan Christie.

Pemain senior, Sony, juga gagal melewati rintangan pemain China. Melawan Zhao Junpeng, peraih medali perunggu Olimpiade Athena 2004 tersebut kalah rubber game 8-21, 21-16, 17-21 dalam laga berdurasi 1 jam.

Dengan demikian, dipastikan tak ada wakil Indonesia pada babak semifinal, Sabtu (12/5). Pasalnya, hanya dua pemain senior ini yang memenangi laga babak kedua kemarin sehingga lolos ke perempat final.

Hasil buruk juga diperoleh tunggal putri Yulia Yosephin Susanto. Melawan unggulan keempat dari Jepang, Minatsu Mitani, Yulia kalah 14-21, 13-21. Seperti halnya tunggal putra, Indonesia dipastikan tak punya wakil pada sektor ini dalam babak semifinal.

Dari sektor ganda putri, satu-satunya andalan Yulfira Barkah/Rosyita Eka Putri Sari juga tersingkir. Mereka tak berdaya menghadapi unggulan utama dari Jepang, Misato Aratama/Akane Watanabe karena kalah dua gim langsung 15-21, 13-21.

Comments