Gunakan spion baru di Spanyol, Ferrari dapat teguran

Ferrari_TWITTER

Ferrari tampil agak berbeda saat balapan Formula 1 (F1) di Spanyol, Minggu (13/5/2018). Tim berlambang kuda jingkrak tersebut menggunakan spion pada halo mobil milik mereka.

Ternyata, akibat penggunaan spion tersebut, Ferrari mendapat teguran dari induk olahraga balap mobil, FIA. Mereka dinilai mengambil keuntungan ilegal dari hal tersebut.

Sejatinya, ada aturan baru yang mengizinkan penambahan spion pada halo mobil F1. Halo merupakan sebuah komponen baru pada F1 musim 2018 yang bertujuan melindungi kepala pebalap dari hantaman serpihan besar di lintasan.

Penambahan halo merupakan sebuah kewajiban dalam peraturan F1 musim 2018 dan FIA memberikan kelonggaran bagi setiap tim untuk memasang spion pada halo tersebut.

Sejumlah tim tidak terlalu antusias dengan apa yang dilakukan FIA karena mereka menilai sulit memasang spion pada halo. Namun Ferrari berani melakukannya ketika tampil dalam GP Spanyol akhir pekan lalu meskipun kini menimbulkan masalah.

 

Direktur tim Force India meragukan desain spion baru Ferrari itu yang menurutnya ilegal. FIA pun langsung merespons hal tersebut dan melarang tim asal Italia tersebut menggunakan spion baru pada seri berikutnya di GP Monaco. Mereka menduga Ferrari memanfaatkan spion yang berbentuk seperti winglet tersebut untuk menambah efek aerodinamika pada mobilnya.

“Kami mungkin akan bertemu dengan pengurus tentang desain baru tim Ferrari,” ujar Charlie Whiting, yang mewakili FIA, dikutip dari Autosport.

“Anda bisa mengatakan bahwa desain itu dilarang meski tidak menyalahi aturan khusus,” tambah Whiting.

Meskipun demikian, Ferrari tampil kurang mengesankan dalam GP Spanyol karena dua pebalapnya gagal naik podium. Sebastian Vettel harus puas finis di urutan kelima sedangkan Kimi Raikkonen gagal menyelesaikan balapan.

Comments