Kerjasama Djokovic-Agassi berakhir

Belum genap satu tahun, Andre Agassi tidak lagi jadi pelatih Novak Djokovic. Kerjasama keduanya berakhir Jumat atau Sabtu pagi (31/03) setelah Agassi meninggalkan tempat latihan.

Legenda tenis Andre Agassi yang didatangkan untuk posisi mentor paruh waktu Novak Djokovic enggan membeberkan alasan ia tidak lagi melatih petenis Serbia tersebut. “Hanya dengan niat terbaik saya mencoba membantu Novak. Kami terlalu sering menemukan diri kami setuju untuk tidak setuju. Saya berharap dia hanya yang terbaik bergerak maju,” jelas Agassi.

Agassi mulai melatih Djokovic musim lalu menjelang Perancis Terbuka, yang sekaligus mengakhiri 11 tahun absennya dari olahraga. Dia berharap untuk membantu Djokovic kembali pasca cedera.

Dengan kepergian Agassi Djokovic hanya akan dibimbing oleh Radek Stepanek yang baru bergaabung di akhir 2017 lalu.

Ketika Agassi mulai membimbing mantan Dunia No. 1 pada Mei 2017, Djokovic mengatakan, “Kami akan melihat apa yang akan terjadi di masa depan. Kami berdua bersemangat untuk bekerja sama dan melihat di mana itu membawa kami,”ujarnya kala itu.

Hanya saja kemenangan beruntun di 16 pertandingan Miami Open, Djokovic berakhir baru-baru ini. Ia harus bangkit kembali dari cedera siku yang berlanjut. Djokovic hanya bertahan satu jam di turnamen yang dimenangkannya enam kali dan kalah di pertandingan pembuka di Miami Open melawan Benoit Paire, 6-3, 6-4.

Kekalahan itu merupakan yang ketiga bagi Djokovic pasca comeback dari cedera. Djokovic kembali ke Australia Open dan kalah di babak keempat, dan kemudian harus menelan kekalahan lagi Indian Wells oleh Taro Daniel, petenis peringkat ke-109.

“Saya tidak ingin duduk di sini dan merengek tentang beberapa tahun terakhir saya,” kata Djokovic. “Yang benar adalah itu tidak mudah. Tentunya, saya mengkompromikan permainan saya dan pergerakan dan semuanya karena cedera. Saya mencoba mencari tahu,”ujar Djokovic.

Ia sendiri masih berkonsentrasi untuk pemulihan cedera dan belum mengumumkan pengganti Agassi.

Comments