Selamat tinggal Key Biscayne

Perhelatan Miami Open tinggal menyisakan partai final. Tidak sekedar perebutan trofi untuk turnamen yang sering disebut bagaikan Grand Slam ke-5 ini. Karena tahun ini adalah terakhir kalinya Miami Open digelar di Key Biscayne,Florida.

Mulai tahun depan, Miami Open akan pindah ke Hard Rock Stadium. Akhir pekan ini menjadi waktu yang tersisa bagi penggemar tenis di Florida Selatan akan untuk menghirup udara laut sambil menonton beberapa pemain terbaik di dunia bertempur habis-habisan.

Perhelatan tersebut nantinya akan dihelat di Stadion tempat tim NFL bertanding.

“Saya sangat sedih meninggalkan Miami Open dari Crandon Park,” ujar Caroline Wozniacki soal pemindahan lokasi turnamen. “Akan sangat bagus jika Miami Open tetap disini dengan sejumlah renovasi seperti perluasan stadion dan lapangan. Dalam pikiran saya, sulit rasanya bermain di lapangan rugby, bagaimana bisa nyaman berada disana,” tambah Wozniacki.

Baru-baru ini, bintang-bintang seperti Venus dan Serena Williams, Roger Federer, Novak Djokovic, dan Andy Murray telah mendominasi di lapangan-lapangan ungu khas di lokasi itu.

Ada pertandingan yang menegangkan, kejutan yang memukau, permainan iguana yang mengganggu dan momen-momen tak terlupakan lainnya, seperti Serena Williams pernah bersepeda ke pertandingan untuk menghindari kemacetan.

Fasilitas baru nantinya terdiri dari 30 lapangan atau sembilan lebih banyak dari di Crandon Park, termasuk dua kali lipat jumlah lapangan latihan. Sebuah tribun permanen akan didirikan, dan para pemain akan mendapat manfaat dari perluasan fasilitas ruang makan, gym, dan ruang ganti.

Di luar stadion akan ada layar video 90 kaki x 40 kaki yang dipasang untuk memungkinkan penggemar bersantai dan bersantap di alun-alun sambil tetap menangkap aksi di lapangan. “Kami akan membangun festival lengkap,” kata Mark Shapiro pemegang lisensi IMG. “Akan ada seni, musik, penjual makanan, banyak tahapan untuk segalanya. Ini akan menjadi cita rasa nyata dari Miami. 

Ditengah janji akan venue yang lebih spektakuler, memori 32 tahun di Key Biscane memang tidak bisa dipindahkan begitu saja. Di tempat baru nanti para petenis muda-lah yang akan membuat sejarah, tanpa harus melupakan Crandon Park dan sejarah puluhan tahun turnamen tersebut.

Comments