PT LIB putuskan pertandingan Arema – Persib selesai

Usai kericuhan suporter di dalam lapangan saat pertandingan Arema FC dan Persib Bandung, operator kompetisi Liga 1 Indonesia 2018 memutuskan bahwa laga tersebut selesai.

Kejadian tak pantas terjadi di laga Arema FC saat menjamu Persib Bandung, Minggu (15/4) lalu. Suporter merengsek masuk lapangan ketika waktu pertandingan telah menunjukkan menit ke-93.

Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator memutuskan bahwa pertandingan tersebut telah selesai. Keputusan itu tertuang dari regulasi pasal 12 ayat 1C dan 1D yang memberikan keterangan jika terdapat force majure kerusuhan penonton, maka status pertandingan akan diputuskan LIB.

“Acuannya pada laporan pertandingan yang dikirimkan oleh pengawas pertandingan. Semua sudah kami baca dan pelajari. Dari laporan tersebut kami putuskan pertandingan selesai,” ujar COO PT LIB, Tighorshalom Boboy, Senin (16/4/2018).

Meski statusnya sudah diputuskan, namun LIB belum memberikan hukuman yang akan diterima pihak-pihak yang terlibat dalam pertandingan. Tighorshalom menambahkan bahwa kasus itu akan diserahkan kepada komisi terkait.

“Kita amankan dulu status pertandingan. Komisi Disiplin yang akan pelajari kasus ini, dan jika ada pelanggaran maka Komdis yang tentukan hukumanya,” lanjutnya.

Laga yang dilaksanakan di Stadion Kanjuruhan, Malang, itu berakhir imbang 2-2 setelah Balsa Bozovic menyelamatkan muka tuan rumah lewat golnya di menit 88. Kericuhan mulai terjadi setelah Dedik Setiawan dikartu merah wasit satu menit setelahnya. Pelatih Persib, Mario Gomez, juga terluka di bagian kepala karena kericuhan itu.

Kredit foto Goal Indonesia

Comments