Rekapitulasi Liga Jerman, Hamburg SV terdegradasi untuk kali pertama

Hamburger SV untuk kali pertama sepanjang sejarah klub, terdegradasi dari pentas Bundesliga 1 sehingga tercoret dari daftar tim yang belum pernah terlempar dari divisi teratas kompetisi sebuah negara di Eropa. Sejak Bundesliga 1 digelar pada 1963-1964, tim ini tidak pernah degradasi.

Kepastian ini terjadi karena meskipun mereka menang 2-1 atas Borussia Moenchengladbach, Wolfsburg juga menang 4-1 atas tim juru kunci, FC Koeln. Ini membuat Hamburg finis di peringkat ke-17 dengan raihan 31 poin sedangkan Wolfsburg mengumpulkan 33 poin.

 

Alhasil, Hamburg mengikuti jejak FC Koeln yang degradasi dengan status juru kunci, sedangkan Wolfsburg menjaga asa bertahan di Bundesliga 1. Tim peringkat ke-16 tersebut harus melakoni laga play-off promosi-degradasi menghadapi penghuni peringkat ketiga Bundesliga 2, Holstein Kiel.

Sementara itu, Hoffenheim mengamankan tiket Liga Champions usai menang 3-1 atas Borussia Dortmund, sehingga mengumpulkan total 55 poin dan finis di urutan ketiga. Mereka unggul selisih gol atas Dortmund dan Bayer Leverkusen yang berturut-turut ada di bawahnya.

RB Leipzig pun mengamankan tempat terakhir zona Eropa usai menang 6-2 atas tuan rumah Hertha Berlin. Leipzig finis di posisi keenam dengan torehan 53 poin sehingga akan tampil dalam babak kualifikasi Liga Europa untuk musim mendatang.

 

Rincian wakil Jerman yang lolos ke Liga Champions, Liga Europa dan yang terdegradasi:

Liga Champions:
Bayern Munich (juara Bundesliga 1)
Schalke 04 (runner-up)
Hoffenheim (peringkat ke-3)
Borussia Dortmund (4)

Liga Europa:
Bayer Leverkusen (peringkat ke-5)
RB Leipzig (6)

Degradasi:
Wolfsburg (peringkat ke-16, play-off degradasi)
Hamburger SV (17)
FC Koeln (18)

Comments