Espargaro nilai lebih parah Petrucci dari Marquez

MotoGP Argentina menyorot Marc Marquez dengan gaya balapnya. Sebelum insiden dengan Valentino Rossi, Marquez lebih dulu berurusan dengan Aleix Espargaro.

Espargaro adalah pembalap pertama yang ditabrak Marc Marquez, selama balapan MotoGP Argentina. Kejadian bermula saat bintang Repsol Honda itu berjuang kembali ke lapangan setelah terkena penalti karena menolak meninggalkan grid akibat mengulur waktu. Setelah menyalakan kembali RCV-nya, Marquez mengenai pengendara Aprilia tersebut dari tempat ke-18 pada tikungan 13. Sudut tersebut merupakan tempat yang sama dengan insiden yang lebih dramatis di akhir balapan, ketika Marquez menabrak Valentino Rossi, yang kemudian jatuh di rumput basah.

Saat ditanya tentang insiden dengan Marquez, Aleix Espargaro justru membandingkan Marquez dengan Danilo Petrucci. Usai ditabrak Marquez, Espargaro ditabrak Petrucci pada lap ke-5.

“Dia (Marquez) menabrak saya sangat, sangat keras. Tapi Petrucci melakukan hal yang sama pada saya, di ikungan 2. Sama atau bahkan lebih keras. Jadi orang-orang panitia GP perlu memperhatikan karena itu tidak adil bahwa Marc telah dihukum tetapi tidak Petrucci, yang memukul saya lebih keras tidak terkena hukuman,” ujar Espargaro.

“Ini adalah kontak keras, dia harus berhati-hati dengan jelas karena dia tidak bisa lepas kontrol begitu saja,ini balapan,” tambah Espargaro.

Marquez sendiri sudah meminta maaf terkait insiden dengan Espargaro. Ia mengakui tabrakan dengan rider Aprilia itu adalah kesalahnnya. “Saya kembali memacu motor yang dengan cepat dan mungkin kesalahan terbesar yang saya lakukan adalah dengan Aleix (Espargaro). Saya datang empat detik lebih cepat dan saya tidak menyadarinya –ketika Anda datang empat detik lebih cepat-, itu cukup sulit bagi pembalap di depan anda,” ungkap Marquez. Marquez juga mengungkapkan dirinya telah berusaha semaksimal mungkin untuk menghindari sentuhan dengan motor Espargaro.

Beruntung bagi kedua pembalap tidak ada yang terjatuh, karena insiden tersebut. Akhirnya, atas tindakan Marquez tersebut pembalap Spanyol itu harus menerima hukuman dari Race Direction, untuk turun satu posisi pada lap berikutnya. Marc Marquez yang melintasi garis finish di tempat kelima, menerima penalti post-race 30 detik untuk insiden dengan Rossi, meninggalkannya 18. Sementara Esparagaro tidak menyelesaikan balap karena bermasalah pada mesinnya.

 

 

 

Comments