Sean optimistis raih podium pada seri ketiga F2 di Barcelona

Pebalap Indonesia, Sean Gelael, optimistis bisa merebut podium pada seri ketiga balapan Formula 2 (F2) di sirkuit Barcelona, Spanyol, 11-13 Mei 2018. Pebalap Pertamina Prema Theodore Racing ini sudah mempelajari masalah yang menganggunya pada seri kedua di Baku.

“Saya akan tetap fokus pada setiap lomba yang saya hadapi dan tidak panik dengan apa pun yang sudah terjadi,” kata Sean.

Pada dua seri yang dilalui, pebalap yang didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia ini konsisten meraup poin. Pada seri pertama di Bahrain, Sean mendapat enam poin dan pada seri kedua di Baku, dia memperoleh satu poin. Hasil tersebut merupakan modal yang bagus untuk menatap seri ketiga.

Tim Pertamina Prema Theodore Racing juga mengandalkan Nyck De Vries yang bakal bahu membahu dengan Sean. Pebalap asal Belanda ini punya modal bagus setelah naik podium dua pada balapan Sprint di sirkuit Baku City, Azerbaijan

Sirkuit de Barcelona memiliki panjang lintasan 1.047 meter dan mempunyai 13 tikungan. Ini menjadi tantangan yang harus ditaklukkan para pebalap.

Sirkuit yang dibangun pada tahun 1991 ini memiliki segala aspek negatif sirkuit yang menyulitkan teknisi untuk menemukan setelan terbaik mobil, mulai dari trek lurus berkecepatan tinggi yang diakhiri dengan heavy breaking.

Di sirkuit ini, pebalap juga dihadapkan dengan tikungan melengkung datar ditambah lagi permukaan trek yang abrasif. Ini akan mempercepat degradasi ban. Para pebalap dan tim duji kemampuan serta strategi mengatur ban.

Pabrikan ban Pirelli menyediakan ban bertipe medium dan soft. Setiap pebalap diberi jatah lima set ban, tiga medium dan dua soft. Mereka juga menyediakan tiga set ban basah yang digunakan ketika balapan dinyatakan dalam kondisi wet race atau hujan.

Comments