Rekapitulasi Liga Inggris, Chelsea gagal ke Lga Champions

Chelsea harus menerima kenyataan pahit gagal ke Liga Champions musim depan. Si Biru harus puas finis di posisi kelima Premier League musim 2017-2018 setelah kalah 0-3 dari Newcastle United pada pekan terakhir, Minggu (13/5/2018).

Liverpool menjadi tim terakhir yang meraih tiket Liga Champions. Kemenangan 4-0 atas Brighton & Hove Albion memastikan Si Merah finis di urutan keempat, yang merupakan posisi terakhir zona Liga Champions.

Dengan demikian, Chelsea harus puas tampil di Liga Europa pada musim mendatang bersama dengan Arsenal dan Burnley. Chelsea dan Arsenal langsung menuju fase grup, sedangkan Burnley harus lebih dulu mengikuti kualifikasi untuk memperebutkan jatah ke fase grup.

 

Di papan bawah, Southampton lolos dari jeratan degradasi meski kalah 0-1 ketika menjamu Manchester City. Hal ini pun tak lepas dari kekalahan 1-2 yang dialami Swansea City ketika menjamu tim yang sudah pasti turun kasta, Stoke City.

Alhasil, Swansea dan Stoke, yang sama-sama mengumpulkan 33 poin (tertinggal tiga angka dari Southampton), mengikuti jejak West Bromwich Albion yang finis sebagai juru kunci. Pada pekan terakhir, West Brom kalah 0-2 dari Crystal Palace sehingga mereka hanya mengoleksi 31 poin.

Rincian wakil Inggris yang lolos ke Liga Champions, Liga Europa dan yang terdegradasi:

Liga Champions:
Manchester City (juara Premier League)
Manchester United (runner-up)
Tottenham Hotspur (peringkat ke-3)
Liverpool (4)

Liga Europa:
Chelsea (peringkat ke-5)
Arsenal (6)
Burnley (7-kualifikasi Liga Europa)

Degradasi:
Swansea City (peringkat ke-18)
Stoke City (19)
West Bromwich Albion (20)

Comments