Rekapitulasi Liga Spanyol, Sevilla segel tiket terakhir Liga Europa

Persaingan memperebutkan tiket menuju kompetisi Eropa pada musim depan di Liga Spanyol, sudah berakhir. Sevilla menyegel tiket terakhir menuju Liga Europa setelah bermain imbang 2-2 pada pekan ke-37 di markas Real Betis, Sabtu (12/5/2018).

Keberhasilan Sevilla ini juga akibat kegagalan Getafe saat menjamu Atletico Madrid pada hari yang sama. Dituntut menang agar bisa tetap menjaga asa lolos, Getafe justru kalah 0-1 dari tim ibu kota Spanyol tersebut sehingga mereka tertinggal tiga angka dari Sevilla yang mengumpulkan total 55 poin.

Lantaran Liga Spanyol menyisakan satu laga, ada peluang Getafe menyamakan perolehan angka Sevilla. Namun, Liga Spanyol mengutamakan head-to-head jika ada dua tim yang memiliki poin yang sama sehingga Sevilla yang berhak karena mereka menang 1-0 di markas Getafe sebelum bermain imbang 1-1 ketika menjadi tuan rumah.

 

Dengan demikian, Sevilla akan tampil dalam kualifikasi Liga Europa musim depan. Sebagai catatan, peringkat 1-4 di Liga Spanyol langsung menembus fase grup Liga Champions, peringkat ke-5 dan 6 meraih tiket fase grup Liga Europa sedangkan peringkat ketujuh mengikuti kualifikasi Liga Europa.

Sementara itu, Deportivo La Coruna, Las Palmas dan Malaga dipastikan degradasi karena mereka tertinggal jauh dari Leganes di posisi ke-17, yang merupakan peringkat terbawah zona aman. Leganes mengumpulkan 40 poin sedangkan Deportivo yang persis di bawahnya, baru mendapatkan 29 poin.

Rincian wakil Spanyol yang lolos ke Liga Champions, Liga Europa dan yang terdegradasi:

Liga Champions:
Barcelona (juara La Liga)
Atletico Madrid (runner-up)
Real Madrid (peringkat ke-3)
Valencia (4)

Liga Europa:
Villarreal (peringkat ke-5)
Real Betis (6)
Sevilla (7-kualifikasi Liga Europa)

Degradasi:
Deportivo La Coruna (peringkat ke-18)
Las Palmas (19)
Malaga (20)

Comments