Chong Wei mengaku emas kali ini sangat berkesan

Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei, mengakui raihan medali emas pada final Commonwealth Games 2018 merupakan hasil paling berkesan selama membela negaranya dalam pesta olahraga multievent tersebut. Pasalnya, dia bisa menjadi juara pada usia senja.

Chong Wei menjadi juara tunggal putra nomor perorangan setelah menang atas pemain utama India, Kidambi Srikanth. Dalam partai final di di Carrara Sports and Leisure Centre, Gold Coast, Australia, Minggu (15/4/2018), Chong Wei menang rubber game 19-21, 21-14, 21-14.

Dengan demikian, Chong Wei secara keseluruhan menyabet lima medali emas di mana tiga di antaranya dari nomor perorangan. Itu artinya, dia tampil sempurna selama keikutsertaannya dalam pesta olahraga antarnegara persemakmuran Inggris tersebut karena membukukan rekor 13-0.

“Seorang veteran menang hari ini. Tentu saja hal tersebut merupakan kemenangan paling manis bagiku mengingat ini juga adalah laga terakhir saya (pada Commonwealth Games),” ujar Chong Wei seperti dikutip dari NST.

“Kemenangan saya berarti kontingen Malaysia telah mencapai target dalam Commonwealth Games 2018. Saya sangat bersemangat hari ini karena hasil pada kategori beregu tidak sesuai harapan,” tambah pemain berusia 36 tahun tersebut.

Ini menjadi partisipasi terakhir Chong Wei dalam Commonwealth Games karena empat tahun lagi di Birmingham, Inggris, dia telah memastikan tidak ambil bagian. Hal yang masuk akal karena usianya saat itu sudah 40 tahun.

Selama ambil bagian, Chong Wei selalu meraih medali emas dari nomor perorangan. Sayang, prestasinya itu tidak sempurna karena gagal membawa Malaysia juara nomor beregu campuran pada edisi tahun ini. Malaysia kalah 1-3 dari India di mana Chong Wei pun gagal menyumbang poin karena ditaklukkan Srikanth.

Comments