Menang perang saudara, Saina sabet emas Commonwealth Games

Pebulu tangkis tunggal putri India, Saina Nehwal, menyabet medali emas Commonwealth Games 2018 setelah menang perang saudara. Pada partai final di Carrara Sports Arena, Gold Coast, Australia, Minggu (15/4/2018), Saina mengalahkan kompatriotnya, Pusarla Venkata Sindhu, dengan straight game 21-18, 23-21.

Dengan demikian, Saina menambah koleksi emas pada pesta olahraga multievent antarnegara persemakmuran Inggris ini menjadi dua. Sebelumnya, Saina juga pernah mendapat kepingan emas pada edisi 2010 di Hyderabad, India.

Sedangkan bagi Pusarla, kegagalan ini membuat dia harus menunggu lagi untuk meraih emas pertama. Pada edisi empat tahun lalu di Glasgow, Skotlandia, Sindhu hanya mampu menyabet medali perunggu.

“Ini adalah turnamen yang penuh tekanan karena banyak pemain top dari Malaysia. Bagi saya, ini adalah ajang yang sangat menantang. Memenangi medali emas saat ini jauh lebih sulit karena tekanan selalu ada ketika Anda sudah memiliki emas,” ujar Saina seperti dikutip dari AFP.

Saina, yang absen pada Commonwealth Games 2014 karena cedera, juga sangat bahagia karena bisa mendapatkan hasil positif setelah menelan kekecewaan saat Olimpiade Rio 2016. Kala itu, dia tersingkir pada babak awal.

“Medali emas ini menjadi salah satu prestasi terbaikku setelah memperoleh medali perunggu Olimpiade London 2012 dan menduduki peringkat pertama dunia. Ini adalah momen yang sangat emosional karena saya sudah menunggu satu kemenangan besar setelah kekalahan pada babak kedua Olimpiade Rio 2016 dan istirahat untuk menjalani operasi,” ungkap Saina.

Dengan demikian, Saina memperoleh dua medali emas dalam event kali ini. Sebelumnya, dia juga ikut membawa India menang 3-1 atas Malaysia dalam partai final nomor beregu campuran.

Comments