Firman Abdul Kholik, layak dapat gelar Man of the Team

Tim putra bulu tangkis Indonesia pulang dari Malaysia dengan hasil yang menggembirakan. Mereka menjadi juara dalam ajang Kejuaraan Beregu Asia 2018 di Stadium Sultan Abdul Halim, Alor Setar, Kedah, Malaysia, 6-11 Februari 2018.

Pada partai puncak, pasukah Merah-putih menang 3-1 atas China. Hasil ini sekaligus memastikan Indonesia mempertahankan turnamen yang juga menjadi kualifikasi Piala Thomas-Uber tersebut.

Dalam perjalanan menuju final, Indonesia sempat melewati satu momen dramatis ketika melawan Korea Selatan pada laga semifinal, Sabtu (10/2/2018). Sempat unggul 2-0, skor justru menjadi 2-2 setelah Korea merebut partai ketiga dan keempat.

Alhasil, partai kelima menjadi penentu siapa yang berhak lolos ke final. Di sinilah drama terjadi ketika pemain muda Indonesia, Firman Abdul Kholik, melawan pemain berpengalaman Lee Dong-keun.

Tak dinyana, Firman, yang kini menempati ranking 82 dunia, justru menjadi pahlawan. Bahkan, mentalnya patut diacungi jempol karena pada gim ketiga saat tertinggal 14-20, Firman bisa bangkit. Pemain kidal ini meraup delapan poin beruntun untuk meraih kemenangan 22-20 dan membawa Indonesia menuju final.

Saat penyerahan medali, Firman mendapat sebuah kehormatan berupa kesempatan menerima dan mengangkat trofi untuk kali pertama bagi tim putra Indonesia. Oleh netizen, Firman didaulat sebagai man of the team karena dia meloloskan Indonesia dari lubang jarum untuk maju ke final dan mempertahankan gelar.

Bicara prestasi, pemain berusia 20 tahun ini “belum apa-apa” karena prestasi terbaiknya menjadi runner-up Indonesia Masters 2014. Dia sempat juara dalam event yang lebih rendah yakni Bahrain International Challenge 2014 dan Vietnam International Challenge 2015.

Namun apa yang diperlihatkan saat melawan Korea membuat Firman layak mendapat sanjungan. Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti, langsung memberikan pujian.

“Ini pengalaman berharga untuk Firman, dia baru diturunkan sekali, langsung mengemban tanggung jawab yang besar dan dia bisa menjalankan tugasnya meraih kemenangan untuk Indonesia,” ujar Susy seperti dikutip dari Badminton Indonesia.

Comments